simplicity on anything, anytime n anywhere

Saturday, July 05, 2008

Exhaust Fan : Penyejuk Udara dan Anti Nyamuk

Penyejuk Udara? Ini mungkin dah biasa...(walaupun belum banyak digunakan), tapi klo bisa jadi Anti Nyamuk? Bisa? Gimana caranya? Dimodifikasi? Pasti canggih ya? ......???

Exhaust Fan atau biasa dilafalkan dengan 'eksos-fen' adalah kipas sederhana yang berfungsi berbeda dengan kipas pada umumnya. Kipas yang kita kenal dan banyak digunakan dimasyarakat adalah kipas angin yang berfungsi untuk meniupkan angin ke arah depan. Dengan demikian kita akan merasakan tiupan angin yang akan menjadi penetralisir udara panas, terutama dikala terik, kondisi kebanyakan yang terjadi dinegara kita.
Berbeda dengan Exhaust Fan (EF) yang justru berfungsi terbalik dengan kipas angin pada umumnya (walaupun sebenarnya EF justru dapat meniupkan angin ke dua arah, depan dan belakang). Fungsi dasar EF adalah meniupkan udara ke arah belakang, dapat juga disebut sebagai menghisap udara. Dan angin yang dihasilkan justru mengarah ke luar ruangan tempat EF terpasang.

Lantas gimana kok bisa jadi Anti Nyamuk? Apa yang perlu kita lakukan untuk membuatnya seperti itu?
Sederhana saja, tidak perlu menambahkan alat apapun pada EF. Cukup dengan membeli dan memasangnya pada suatu tempat di sudut ruangan maka EF akan berfungsi sebagai Penyejuk Udara sekaligus Anti Nyamuk.
Lho kok bisa...? Ya iya lah, mosok ya iya dong :p

Berikut ini cara kerja EF :
  • Kita asumsikan EF terpasang pada suatu ruangan dengan ukuran proporsional, satu ruang dengan luas 12 meter persegi akan memadai dengan 1 EF ukuran 10 inchi, tentunya perlu diperhatikan bahwa di ruangan tersebut harus ada ventilasi/lubang udara yang lain

  • EF akan berfungsi pada mode 'exhaust' atau menghisap, bukan pada mode 'fan' seperti kipas angin biasa

  • Saat EF diaktifkan maka EF akan menghisap udara dari dalam ruangan dan membuangnya keluar ruangan

  • Udara yang dihisap dan terbuang adalah udara 'kotor' yang sebelumnya berada di dalam ruangan

  • Dengan terhisap dan terbuang tentu volume/jumlah udara kotor di dalam ruangan akan berkurang

  • Setiap kali udara (kotor) terhisap keluar maka udara bersih dari luar ruangan akan masuk ke ruangan melalui lubang ventilasi, begitu seterusnya, hal tersebut dimungkinkan karena saat udara terhisap ke luar maka TEKANAN UDARA TOTAL di dalam ruangan menjadi lebih kecil dari tekanan udara di luar ruangan, dengan demikian maka ruangan akan mendapatkan supply udara dari luar ruangan

  • Hal ini akan terus berulang selama EF dalam keadaan ON. Dengan demikian maka udara di dalam ruangan akan terasa lebih segar dan tentu saja sejuk, karena volume udara kotor selalu terhisap keluar dan digantikan dengan udara yang bersih setiap saat


  • Hubungannya dengan Anti Nyamuk???
    Ya sederhana saja, nyamuk akan terhisap keluar bersamaan dengan udara. Klo kurang yakin dengan kemampuan menghisap EF silahkan Anda coba jatuhkan potongan tisu dalam jarak yang tidak terlalu jauh (kira-kira 30cm). Nyamuk akan terhisap seperti halnya tisu tersebut.
    Lagi pula bukankah berat dan ukuran nyamuk jauh lebih ringan dan kecil dibandingkan dengan potongan tisu tadi? So tentu saja nyamuk akan terhisap.

    Saya sendiri menggunakan 1 unit EF berukuran 10" di kamar. Alhamdulillah cukup efektif sebagai 'Anti Nyamuk'. Walaupun tidak 100% nyamuk hilang tapi ruangan menjadi sejuk dan jumlah nyamuk hampir tidak berarti. Seingat saya, hingga saat ini Hana berusia 4 bulan 3 minggu, tidak lebih dari 5 kali ada bekas nyamuk yang terlihat di wajahnya. So saya simpulkan bahwa ini adalah cara terbaik untuk mengatasi nyamuk.

    Bandingkan dengan resiko penggunaan Anti Nyamuk berbahan kimia, dalam bentuk apapun. Apalagi jika ada bayi dalam kamar/ruangan tersebut.

    Tertarik mencoba...???
    Silahkan Anda ke toko listrik/elektronik, karna saya gak jualan EF :p
    Harga EF 10" (saat ini) berkisar 160-180 ribu-an.
    Insya Allah pada tulisan selanjutnya saya akan membahas perbandingan harga EF vs Obat Nyamuk vs AC

    Labels: , ,

    9 Comments:

    • At July 9, 2008 at 12:33 PM, Anonymous Kimi's Mom said…

      Dear Kapten Vu,
      saya setuju dengan tulisan kapten, tapi ada masukan atau info nih. Ceritanya :
      saya sudah pakai EF sejak My Little Son Kimi (3thn 10bln) belum lahir, tepatnya setahun sebelumnya. Ini berarti umur EF saya kira2 5 tahunan merk Panasonic.
      Waktu baru dipasang memang oke banget, udara sejuk dan nyamuk berkurang. Tapi semakin lama kemampuan atau daya hisapnya mulai berkurang. Ini terlihat dari jumlah nyamuk yg bertambah dan udara juga ngga sesejuk yang dulu. Apalagi memasuki tahun ke-5 ini, putaran baling-balingnya terlihat sekali mulai melemah (bisa dibilang sangat lemah). Sebulan yang lalu saya coba untuk repair, tapi harganya hampir hampir sama dengan harga baru, Rp 150,000; untuk mengganti spare part (Dinamo-nya aus katanya) di toko Sinar Terang (kalo ngga salah). Apa kapten punya referensi tempat repair yg murah?

      Saat EF mulai melemah tahun ke-3 (saat nyamuk mulai agak banyak & kesejukkan udara agak berkurang), akhirnya saya pernah juga pakai obak nyamuk sprai. Caranya : matikan EF, semprotkan obat nyamuk, tutup kamar +/- 1 jam, setelah 1 jam nyalakan EF, setelah 15-30 menit hasilnya oke juga... Nyamuk mati lalu disapu (pake sapu ijuk, karena ada juga nyamuk yg cuma teler doang atau malah pingsan yang nantinya hidup & terbang lagi), bau obat nyamuk juga hilang.
      Saat EF memasuki tahun ke-4, nyamuk2 malah udah bisa menclok tepat di depan EF, dan nyamuk yang dari luar bisa masuk ke dalam kamar lewat celah baling2 EF yang berputar. Entah nyamuknya yang udah pada canggih, tapi yg pasti EFnya sudah lemah.

      Mungkin... EF yang saya beli 'kurang' kwalitasnya... apa kapten punya saran merk lain yang lebih oke?
      So far, oke juga pake EF, tapi sepertinya kita mesti siap2 ganti setelah sekian tahun. Namanya juga mesin, ada saatnya istirahat & pensiun :D

      Salam,
      [Kimi's Mom]

       
    • At July 9, 2008 at 12:43 PM, Blogger Kapten Vu said…

      Wah ternyata Kimi's Mom juga pake EF.
      Klo tentang kualitas EF yang menurun rasanya itu hal yang wajar, 3 tahun adalah angka yang sangat pantas untuk sebuah EF seharga 120 rb-an (saat beli 3thn lalu kan).

      Sekedar tips untuk perawatan EF, sebaiknya di semprot secara rutin dengan cairan Lubricant(lubrikasi), untuk merek ada beberapa di pasaran, gampangnya tinggal bilang aja "mau beli cleaner/contact cleaner", harganya 10-15 rb-an. Berdasarkan manual yang disertakan pada EF memang di sarankan untuk menyemprotkan cairan lubrikasi setiap sebulan sekali (atau tergantung kondisi, bisa lebih lama atau lebih cepat). Hal ini untuk menghindari menempelnya debu pada motor EF yang dapat menghambat laju putaran kipas.

      Klo untuk referensi tempat service memang yang umum group "Toko Terang", tapi dengan pertimbangan harga rasanya lebih bijaksana untuk membeli unit EF yang baru saja ;)

       
    • At July 10, 2008 at 1:11 PM, Anonymous Anonymous said…

      alo

      kalo Ef disandingkan dengan AC bisa ga yah??
      soalny ga kebayang tu kalo ga ada AC....
      kalo pake E doank kayany maish panas d :d

       
    • At July 10, 2008 at 2:02 PM, Blogger Kapten Vu said…

      Disandingkan??
      Klo lihat dari makna katanya maka yang dimaksud sanding adalah 'hidup' berdampingan. Klo dilihat dari fungsinya tentu akan saling bertolak belakang, IMHO.
      Karena AC akan mendinginkan ruangan, sedangkan EF akan mengeluarkan udara yang ada didalam ruangan, belum lagi EF 'mensyaratkan' ventilasi untuk perputaran udara. Nah klo disandingkan, dengan asumsi sirkulasi udara difasilitasi oleh AC bukankah EF justru menjadi hal yang negatif, karna EF justru akan mengurangi dinginnya udara hasil keja AC
      Berbeda dengan kasus penggunaan EF pada kawasan ber-AC yang biasanya ditempatkan pada smoking-room. EF akan berfungsi untuk membuang asap rokok.
      Jadi yang perlu diperhatikan adalah tujuan penggunaannya untuk apa, cmiiw.

       
    • At July 24, 2008 at 11:25 PM, Anonymous InCyberlife said…

      i donate u a search in your googlelingk, do the same for me..

       
    • At April 22, 2009 at 8:45 AM, Blogger ary said…

      alo capt.vu
      boleh minta spesifikasi EF ini?
      sy memerlukannya untuk pengadaan di kantor,
      udah capek nyariin nggak ketemu,adanya malah yang mahal banget.
      tempat saya kota kecil jadi toko elektronik jarang ada yg jual.
      terimakasih atas bantuannya..

       
    • At April 22, 2009 at 8:47 AM, Blogger ary said…

      capt. vu
      boleh jg kirim spesifikasi EF nya ke emailku..
      thanks ya..

       
    • At July 9, 2009 at 9:43 AM, Anonymous Anonymous said…

      saat ini saya juga sedang memerlukan EF untuk pengadaan kantor dgn spesifikasi 3 fase, diameter 18", 0.5HP atau 1HP...
      Mohon bantuannya, terima kasih

       
    • At May 25, 2010 at 12:21 AM, Anonymous Anonymous said…

      saya mau tanya, seaandainya EF di pakai di ruangan tertutup apa efeknya... dalam arti, tekanan udara total diruangan jadi rendah... lalu apa yg terjadi...

      trims...

       

    Post a Comment

    Links to this post:

    Create a Link

    << Home