simplicity on anything, anytime n anywhere

Wednesday, July 02, 2008

Trik untuk sort email "non-label" di GMail


Ganti account Yahoo ke GMail?
Banyak orang sudah melakukannya, termasuk saya sendiri. Bisa saja dengan alasan yang berbeda-beda, tapi rasanya semua pengguna GMail akan setuju bahwa manajemen thread di GMail lebih ciamik, karna dapat menampilkan banyak email dalam satu judul email. Tentunya email yang dimaksud adalah satu thread email beserta reply dari thread tersebut. Dengan demikian jika ada satu thread email yang di-reply oleh sepuluh pengguna lain hanya ditampilkan dalam satu judul email saja.

Menyenangkan bukan!? Hal tersebut akan memudahkan kita untuk membaca thread tadi, selain itu juga akan mempersingkat waktu kita dalam memilah-milah email yang akan kita baca.
Nah satu hal yang saya temukan "tidak nyaman" adalah fasilitas label yang (menurut saya) tidak senyaman fasilitas "My Folders" nya Yahoo. Untuk urusan label memang GMail telah memfasilitasi untuk keperluan yang paling mendasar, yaitu dapat mengelompokkan email sesuai ketentuan tertentu yang kita buat, misal : email dari milis roadshow-linux akan diberi label roadshow-linux.

Ya, hal tersebut dapat dilakukan.
Namun masalah akan timbul pada INBOX "utama". Email-email yang tidak ber-label akan ditampilkan bersamaan dengan email yang memiliki label. Lalu bagaimana jika kita hanya ingin menampilkan email yang tidak ber-label.
Berikut ini triknya :
  1. Buatlah satu label baru, misal no-label , label ini adalah label "khusus" yang akan menjadi "penampung" bagi email-email yang tidak ber-label tadi.
  2. Buatlah filter untuk keperluan ini. Aturan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan filter "khusus" ini adalah : filter akan berisi ketentuan yang bermakna tidak-mengandung SEMUA ketentuan filter yang lain. Jadi filter ini adalah kebalikan dari semua filter lain yang ada. Contoh seperti pada gambar, ketentuan filternya adalah "email-email yang tidak mengandung kata Anak-Cilegon, linux-aktivis, roadshow-linux, vembazax akan diberi label no-label"
  3. Selesai, coba klik pada label no-label, maka akan ditampilkan semua email yang tidak termasuk dalam ketentuan filter yang lain.

Labels: , ,

1 Comments:

Post a Comment

<< Home