simplicity on anything, anytime n anywhere

Friday, March 16, 2007

Telkom 147...!!!

15 Maret 2007, about 12:40
-----------------------------------------------------------------------------------------------
.........konek....DC...konek...DC..konek...DC.........................
Blash.....gak konek-konek lagi :(
("Astagfirullah.....DC maning, padahal warnet lagi rame...hiks..")
-----------------------------------------------------------------------------------------------

"Tet..tot..tet.." (1..4..7...)

"Telkom 147...silahkan tekan 1 untuk Bahasa Indonesia, press 2 for English!!"
"Tekan 1 untuk layanan Telkom Flexy..tekan 2 untuk layanan Telkom Speedy....."

"Tet.." (2....")

"Maaf, saat ini Customer Service kami sedang melayani pelanggan lain, silahkan menunggu, Customer Service kami akan segera melayani Anda...(MUSIC : telkom Endonesia...slalu tetap jaya...untuk selamanya...dam..dam..dam..dammdam..dam..dam...damdam...)"

(im waiting....)

"Maaf, saat ini Customer Service kami sedang melayani pelanggan lain, silahkan menunggu, Customer Service kami akan segera melayani Anda...(MUSIC : telkom Endonesia...slalu tetap jaya...untuk selamanya...dam..dam..dam..dammdam..dam..dam...damdam...)"

(im waiting....)
"Maaf, saat ini Customer Service kami sedang melayani pelanggan lain, silahkan menunggu, Customer Service kami akan segera melayani Anda...(MUSIC : telkom Endonesia...slalu tetap jaya...untuk selamanya...dam..dam..dam..dammdam..dam..dam...damdam...)"

(setelah sekian lama menunggu akhirnya tersambung dengan CS telkom)

CS : "Telkom selamat pagi/siang/sore/malem....dengan Yuni (contoh) bisa dibantu?"
Me : "Saya Fajar Mbak, no Speedy 121408000xxx, ingin menanyakan mengenai status Speedy saya"
CS : "Sebentar Pak saya periksa dulu.

(im waiting....)
(MUSIC : telkom Endonesia...slalu tetap jaya...untuk selamanya...dam..dam..dam..dammdam..dam..dam...damdam...)"

CS : "Terima kasih Bpk. Fajar telah menunggu. Saat ini statusnya baik Pak, tidak ada masalah"

(dalam hati dah banyak 'rasa' bergejolak, dah DC, gak enak ma netter, penghasilan ilang, pas komplen dibilang gak ada masalah pula, tapi masih coba baik2 ma CS)

Me : "Mbak, saat ini koneksi saya sedang DC, TIDAK DAPAT IP, kira2 sejak jam 12 lewat tadi, jam 12:20 tadi juga adik saya sudah telepon ke 147"
CS : "Baik Pak, saya akan periksa dulu."

("Hening while im waiting", kali ini gak pake jeda MUSIC)

CS : "Terima kasih telah menunggu. Ternyata sedang ada gangguan pada perangkat SIEMENS dan saat ini sedang dilakukan perbaikan."

(sebenarnya berdasarkan status ALARM pada MODEM saya sudah menduga bahwa ada masalah dengan perangkat)

Me : "Lalu apa sudah ada estimasi waktu penyelesaian problem ini?" (saya pun sudah menduga bahwa jawabannya pasti TIDAK, seperti biasanya)

CS : "Mohon maaf Bpk. Fajar, kami sedang berusaha semaksimal mungkin"
Me : "Apa Anda tidak bisa menghitung estimasi waktunya?" (mulai emosi :D)
CS : "Mohon maaf Pak, kami akan berusaha sebisa mungkin"
Me : "Hm...jadi Anda tidak bisa memberikan estimasi waktu penyelesaiannya ya?" (mulai ngeyel, padahal dah tau si CS bakal jawab apa, maklum SEBEL_MA_TELKOM_MODE = ON)
CS : "Mohon maaf Bpk. Fajar, kami memang tidak bisa memberikan estimasi waktunya Pak"
Me : "OK, kalau begitu apa saya bisa diberi informasi untuk update status jika koneksi sudah OK?" (sebenarnya dah tau juga bahwa layanan TELKOM itu -- untuk SPEEDY -- tidak ada yang namanya info ke pelanggan, tapi karna dah SEBEL banget pelayanan selalu saja begini ya NGOTOT untuk minta di telepon)
CS : "Maaf Pak, dari kami tidak bisa untuk telepon ke customer"
Me : "Jadi saya tidak bisa dapat kabar dari Anda?" (masih ngeyel :p)
CS : "OK Pak, saya akan laporan pada bagian BACKROOM, mungkin nanti akan menghubungi Bpk. Fajar"

("MUNGKIN"?, jujur dibagian ini saya masih ngotot, sepertinya pihak telkom sama sekali tidak pernah mencoba ber-EMPATI pada customernya yang sangat menggantungkan HIDUPnya pada layanan SPEEDY)

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Singkat cerita saya akhiri juga percakapan dengan sang CS. Terkadang setelah menutup telepon saya banyak ber-istighfar karna telah 'ngomel' pada sang CS. Saya sangat yakin bahwa ini bukan kesalahan mereka tapi lebih pada model manajemen kualitas Sang Telkom yang ternyata sangat buruk (minimal itu menurut saya).

Pagi ini, alhamdulillah koneksi SPEEDY sudah UP lagi. Setelah saya cek log, ternyata koneksi UP kira2 jam 01:00 dinihari. It means, telkom DC selama hampir 13 jam (12:10 siang ~ 01:00 dinihari).

Klo dah gini tentu saja tidak ada yang dapat saya (dan teman-teman senasib) lakukan. Bersabar, istighfar dan berdo'a adalah pilihan terbaik. Bukannya tidak suka bersabar, istighfar dan berdo'a. Tapi apakah memang hanya sampai disini POSISI kita sebagai CUSTOMER? Apakah kita tidak bisa membuat bargaining-position yang lebih baik/aman? Sementara kita sangat menggantungkan nasib pada layanan Sang 'raksasa' Telkom, tapi dapat dikatakan Telkom SANGAT TIDAK PEDULI dengan nasib customernya. Yang penting bagi mereka adalah sebanyak mungkin dapat MENJUAL Speedy. Bukankah seharusnya Telkom dapat menjadi yang TERBAIK karena mereka telah memiliki hak MONOPOLI yang sangat menguntungkan? Tidak perlu bersaing sana-sini lagi, seharusnya Telkom bisa memberi YANG SEHARUSNYA mereka berikan pada pelanggan, bukan seperti sekarang ini.
Saya bukan tidak senang pada Telkom. Tapi sekedar SANGAT KECEWA dengan apa yang telah diberikan. Klo boleh saya ingin mendoakan agar Telkom benar2 jaya (SEPERTI INI : telkom Indonesia...slalu tetap jaya...untuk selamanya... dam..dam..dam.. dammdam..dam..dam...damdam... - catatan : saya mengganti huruf "E" menjadi "I" karna negara kita adalah Indonesia bukan Endonesia-). Tentu saja jika hal itu terwujud maka kita2 rakyat kecil yang menggantungkan nasib pada kualitas layanan Telkom dapat ikut berbahagia. Dan bukan hanya kita2 (pemilik dan pengelola) yang senang, tapi akan banyak orang lain (netter) yang ikut senang & tenang, karena segala urusan mereka (hiburan, tugas sekolah/kuliah, pekerjaan) dapat terwujud dengan baik.

Demikian yang dapat saya tulis.
Semoga saya (dan teman2 senasib) dapat menjadi lebih sabar dan semoga Telkom bisa berbuat lebih baik lagi.
--------------------------------------------------
Sambil menanti terwujudnya cita-cita AWARI ;)

8 Comments:

  • At July 29, 2007 at 7:06 PM, Anonymous Anonymous said…

    Suangat setuju dengan apa yang dicurahkan bang... ee. siapa ya...? Oh ya Bang Kapten Vu.

    Dengarlah wahai Sang Telkom. Jangan asal-asalan ya...
    Kalo saudara-saudara kita orang indonesia maju kan ente juga yang untung. Betul gak Bang Kapten Vu??!!


    Dari Orang Indonesia yang pengen Bang Telkom buka mata buka telinga,



    mekanik14.multiply.com

     
  • At September 6, 2008 at 10:48 PM, Anonymous Anonymous said…

    @blogger
    SEBEL_MA_TELKOM_MODE = ON

    programmer ye? hahaha, salam kenal.
    di tempat kamu juga banyak artikel mengenai telkom

    www.ficforlife.com, salam

     
  • At September 18, 2009 at 10:54 PM, Blogger Wadas Giripurwo Kulonprogo Jogja said…

    Telefon saya mati tgl 21-09-09,saya telefon 147, tapi sampai sekarang kok nggak datang ya sudah12jam lebih.kerusakannya, kalau dibel ada suara tut....tut...tapi pesawatnya dicopot kok bunyi belnya nggak berubah tut...tut..untuk speedy tidak ada masalah telrfon saya 02187705486 paralel dengan speedy. Waduh kalau ada masalah seperti ini sebaiknya cepat diselesaikan, kalau tidak, pas lebaran saya tidak bisa menggunakan telefon. tolong dikasih petugas yang ahli, soalnya saya dulu pernah dulu melaporkan telefon rusak, yang rusak salurannya tapi yang dikutak-kutek (dikorak-korek)kok pesawatnya.maaf saya soalnya sedikit tahu tentang elektronika,jadi kalau yang rusak hanya pesawatnya saya nggak perlu panggil orang TELKOM OK makasih

     
  • At September 18, 2009 at 10:57 PM, Blogger Wadas Giripurwo Kulonprogo Jogja said…

    Maaf Ralat Tanggal yang saya tulis 21,yang seharusnya tanggal 17

     
  • At November 1, 2010 at 8:27 PM, Anonymous Anonymous said…

    JANGAN BILANG TELKOMSEL ITU TIDAK MENYEBALKAN BAHKAN SUANGAT MENYEBALKAN SEKALI...KALO BISA DI TIADAKAN SAJA BIAR SUASTA SAJA YANG ADA. TELKOMSEL ANJING BIKIN SUSAH BIKIN KESEL ORANG AJA. LAYANANNYA TIDAK ADA YANG BAGUS PA LAGI BIKIN GRATISAN AAAAJJJJJJJJJJJJJJIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIING TELKOMSEL ANJING

     
  • At November 1, 2010 at 8:38 PM, Anonymous Anonymous said…

    kapan modarnnya telkom saya sangat senang kalotelkom modar.hanya di indonesia ini saja semuanya di paketin seperti jualan nasi pecel...seperti inilah orang jajahan belanda saling memonopoli saling mo menang sendiri saling mo untungnya sendiri...makanya kapan indonesia mo maju...masa kalah dengan nagara malaysia...orang indonesia bisanya hanya berbangga diri pa lagi kalo mengakali sesamanya....kalo ada yang komen dan tidak setuju dengan kata2 saya ini berarti orang itu sama dengan yang saya sebutkan di atas ato anak cucunya anjing2 ato antek2 belanda...buih!!!!!!!!!!!

     
  • At April 3, 2014 at 11:21 AM, Blogger Windra Asrah said…

    Bukannya saya main-main. Speedy saya juga Speedmot banget sampai sekarang. Belum ada follow up, tukang pasang iklan paling jago. Tapi giliran kualitas, bisa dikatakan seperti XANA (Gak tahu? Cari di internet)

    JANGAN PIKIR XANA ITU PINTAR. ORANG TOLOL BEGITU, BISANYA CUMA NGERUSAK KOMPUTER, OS, DAN JUGA YANG LAIN.

    OKE, BUKAN XANA YANG KITA BAHAS. TAPI SPEEDMOT YANG KITA BAHAS.

    Keep calm while we stop your connection. Itulah kata yang sangat saya sukai di layanan internet ini. Setiap kali saya pakai, langsung deh ngedrop, padahal PINGnya masih dipuluhan lho. Misalnya 28.353. Saya juga agak kesal, nelpon 147 ext 2 pun juga mendapatkan alasan yang sama, bahkan tidak difollowup

    Sekarang saya menggunakan BOLT! Super 4G LTE di rumahku dan sekarang saya agak legaan dikit karena layanan Internetnya agak kencang, agak stabil, tapi kelemahannya adalah satu, yaitu menggunakan sistem quota. Nih lihat perbandingan saya:

    Speedy

    Plus:
    + Ada di seluruh Indonesia, karena hanya membutuhkan telpon rumah

    Minus:
    - CSnya payah, bisanya cuma bilang "Maaf" dan "Maaf"
    - Internet gak stabil, lambat, tole kaya XANA
    - Sistem quota
    - Mahal banget (512 KBps @ 299.000)

    Bolt! Super 4G

    Plus:
    + Kencang
    + Stabil
    + Teknik pembayaran yang via Internet

    Minus:
    - Limited Coverage Area, cuma ada di Jabodetabek
    - Sistem Quota

    FastNet

    Plus:
    + Kencang
    + Stabil
    + Murah (6 MBps + TV @ 279K)
    + Unlimited

    Minus:
    - Limited Coverage Area, cuma ada di Jakarta, Bekasi, dan Bandung. Di surabaya hanya TVnya saja

     
  • At April 3, 2014 at 11:30 AM, Blogger Windra Asrah said…

    OH YA, SATU LAGI: TELKOMSEL FLASH

    Plus:
    + Agak kencang, tapi gak terlalu
    + Stabil, asal sinyalnya kuat
    + Lumayan murah (60K @ 3GB/30 hari)

    Minus:
    - Sistem quota

     

Post a Comment

<< Home